Beras Hitam

Halo gaes...
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Beras Hitam. Lalu kenapa harus beras hitam? Apa sih perbedaan antara beras hitam dan beras putih pada umumnya? Beras putih memiliki karbohidrat yang lebih tinggi dari pada jenis beras lainnya. Sedangkan beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi dan bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah sehingga beras ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh pendeerita diabetes. Tidak hanya itu manfaat dari beras hitam lho, sobat. Berikut merupakan kandungan gizi serta manfaat beras hitam.
Kandungan gizi beras hitam
  1. ·         Energi 351 Kkal
  2. ·         Protein 8 g
  3. ·         Lemak 1,3 g
  4. ·         Karbohidrat 76,9 g
  5. ·         Serat 20,1 g

Manfaat beras hitam
o   Mampu Mencegah Penyakit Jantung
Beras hitam memiliki kandungan Antocyanin yang tinggi. Kandungan antocyanin pada beras hitam merupakan yang tertinggi dibandingkan beras lainnya. Antocyanin diteliti mampu mencegah penyakit jantung, asma, hingga penyakit kanker. Beras ini juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total
o   Tinggi protein
Semangkuk nasi hitam atau 100 gram nasi hitam dapat memberikan 17% asupan protein harian Anda.
o   Kaya akan vitamin dan mineral
Beras hitam mengandung vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Satu porsi nasi hitam memenuhi 8% dari asupan harian untuk zin, 6 % zat besi, dan 20 %  dari nilai harian untuk fosfor.
o   Detoks Hat
Beras hitam memiliki kemampuan untuk membantu hati menghilangkan zat-zat beracun berkat kandungan fitonutrien yang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus pula membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.
o   Melancarkan pencernaan
Beras hitam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Serat dalam dosis tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.
o   Meningkatkan ketajaman fungsi otak
kandungan antocyanin dalam beras hitam dapat meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak, dengan memerangi stres oksidatif dalam tubuh.
o   mencegah dan mengelola diabetes
Kandungan seratnya yang tinggi membuat beras hitam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan.
o   Cocok untuk diet

Mengonsumsi beras hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat namun rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama

Bagaimana sobat? Mantapkan si hitam ini. Namun sangat disayangkan beras hitam ini jarang sekali ditemui di pasar Indonesia. Hal ini disebabkan karna kurangnya produsen yang menjual beras kaya manfaat ini. Nah.. kali ini saya akan membocorkan bagaimana strategi pemasaran yang saya lakukan agar beras hitam ini laku dipasaran serta suka duka dalam menjual beras hitam ini. 

Langkah pertama yang saya lakukan ialah gencar mempromosikannya lewat media sosial yang saya miliki. Saya membuat brosur yang isinya tentang beras hitam ini. Berikut merupakan salah satu brosur yang saya gunakan untuk promosi
Respon yang diberikan oleh masyarakat dunia maya cukup baik. Setelah saya mengunggah brosur tersebut banyak orang yang tertarik terhadap beras hitam ini. Meski hanya sekedar bertanya-tanya tentang manfaat, harga dan perbedaannya dengan beras lainnya. Tidak sedikit pula masyarakat yang salah kaprah dengan beras hitam ini, mengira ini adalah ketan hitam. Setelah saya berikan sedikit pengertian, akhirnya masyarakat percaya bahwa yan saya jual adalah “beras hitam” bukan ketan hitam. Akan tetapi, sejauh ini masih belum ada yang teertarik untuk membeli beras ini. Sehingga saya memutuskan untuk beralih menggunakan strategi lain. Cara kedua ialah saya mencoba untuk mempromosikannya langsung kepada konsumen yang saya tuju. Akan tetapi responnya kurang baik. Banyak konsumen yang mengeluh karna harga beras hitaam ini terlalu mahal. Padahal, harga yang saya tawarkan untuk 1 kg beras hitam ini cukup standart, yaitu 25.000. Selang beberapa hari, akhirnya saya menemukan satu pelanggan yang akan membeli beras hitam yang saya jual. Berikut merupakan foto yang saya ambil beberapa hari yang lalu ketika melakukan transaksi bersama beliau.
Beliau tertarik untuk membeli beras hitam ini karena manfaat yang terkandung pada beras ini cukup banyak. Beliau berpendapat Rp 25.000 adalah biaya yang sangat murah untuk mencegah penyakit-penyakit yang sangat merugikan. Demikian adalah strategi dan suka duka penulis dalam memasarkan beras hitam ini.
Sampai jumpa dipostingan berikutnya J 
Share:

0 Comments:

Posting Komentar