ANALISIS IKLAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU
KONSUMEN
1. Analisis Iklan Berbentuk Poster
Iklan poster yang dianaliss adalah Iklan Produk sabun
“NUVO Family”. Iklan tersebut mempromosikan produk sabun mandi cair maupun
batangan. Iklan yang berada pada poster ini memiliki konsep dasar yang sama
seperti iklan Nuvo Family yang ditampilkan di Televisi. Pada poster tersebut
terdapat produk sabun batang dan sabun cair dengan berbagai variasi wangi.
Iklan ini berisi tentang seorang pengamat anak Indonesia “Kak Seto” yang
memberi pesan kepada konsumen khususnya anak-anak yang suka bermain diluar agar
terhindar dari kuman berbahaya. Dimana di dalam poster tersebut terdapat
kata/slogan “penuhi hak hidup sehat & tumbuh kembang anak” yang mangartikan
bahwa perlunya menjaga kesehatan untuk dapat hidup sehat baik untuk orang
dewasa, remaja, ataupun anak-anak. Stimuli yang diberikan pada iklan produk Nuvo
Family ini diharapkan konsumen yang membeli dan menggunakan produk tersebut
konsumen akan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari dirumah.
Karena produk ini mengklaim bahwa dapat membunuh 99% kuman sehingga anak-anak
dapat bermain dengan sehat dan aktif, serta berani bereksplorasi.
2. Analisis Iklan yang Ada di Televisi
Iklan
televisi yang akan di analisis adalah iklan makanan ringan “Biskuat Energi
Versi Bulu Tangkis”. Iklan tersebut merupakan iklan makanan ringan berupa
biskuit. Iklan biskuit ini dipublikasikan pada tahun 2011.
Stimuli yang ingin disampaikan
dalam iklan ini adalah bahwa Biskuat dapat menjadikan tubuh kita menjadi sangat
kuat “sekuat macan”. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang ada pada
infornasi nilai Gizi, dimana kita sebagai orang awam pun tahu bahwa biskuat
coklat memang merupakan biskuit yang mengandung banyak kalori. Kandungan kalori
yang ada memberi asupan tenaga pada tubuh kita.
Hal ini bisa juga dilihat dari :
1. Anak
dengan berbadan kecil mampu memenangi lomba dengan kekuatan sekuatan macan , artinya pemilihan peran sudah sangat bagus.
2. Baju
yang digunakan berwarna merah menyimpulkan biskuat energy
3. Pemilihan
macan mengungkapkan bahwa macan tidak hanya kuat, tetapi cerdik, ganas dan
lincah. Macan sebagai karnivora di bekali dengan indra penciuman, pendengaran
yang jauh lebih baik dari yang saya sebutkan tadi
Pada akhirnya setelah kita melihat tayangan iklan tersebut apa yang kita
dapatkan? biskuat adalah biskuit energi yang akan membuat tubuh kita kuat
”sekuatmacan”, namun pada realitanya tidak. Dengan adanya iklan tersebut maka
harapan produsen akan mempengaruhi perilaku konsumen yang menjadi sasaran.
Telah dijelaskan arti dari setiap ikon yang ada di tayangan iklan tersebut yang
akan menarik minat konsumen untuk membeli.
0 Comments:
Posting Komentar