ANALISIS IKLAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN


ANALISIS IKLAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN

1. Analisis Iklan Berbentuk Poster

Iklan poster yang dianaliss adalah Iklan Produk sabun “NUVO Family”. Iklan tersebut mempromosikan produk sabun mandi cair maupun batangan. Iklan yang berada pada poster ini memiliki konsep dasar yang sama seperti iklan Nuvo Family yang ditampilkan di Televisi. Pada poster tersebut terdapat produk sabun batang dan sabun cair dengan berbagai variasi wangi. Iklan ini berisi tentang seorang pengamat anak Indonesia “Kak Seto” yang memberi pesan kepada konsumen khususnya anak-anak yang suka bermain diluar agar terhindar dari kuman berbahaya. Dimana di dalam poster tersebut terdapat kata/slogan “penuhi hak hidup sehat & tumbuh kembang anak” yang mangartikan bahwa perlunya menjaga kesehatan untuk dapat hidup sehat baik untuk orang dewasa, remaja, ataupun anak-anak.  Stimuli yang diberikan pada iklan produk Nuvo Family ini diharapkan konsumen yang membeli dan menggunakan produk tersebut konsumen akan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari dirumah. Karena produk ini mengklaim bahwa dapat membunuh 99% kuman sehingga anak-anak dapat bermain dengan sehat dan aktif, serta berani bereksplorasi.

2. Analisis Iklan yang Ada di Televisi

Iklan televisi yang akan di analisis adalah iklan makanan ringan “Biskuat Energi Versi Bulu Tangkis”. Iklan tersebut merupakan iklan makanan ringan berupa biskuit. Iklan biskuit ini dipublikasikan pada tahun 2011.
Stimuli yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah bahwa Biskuat dapat menjadikan tubuh kita menjadi sangat kuat “sekuat macan”. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang ada pada infornasi nilai Gizi, dimana kita sebagai orang awam pun tahu bahwa biskuat coklat memang merupakan biskuit yang mengandung banyak kalori. Kandungan kalori yang ada memberi asupan tenaga pada tubuh kita.
Hal ini bisa juga dilihat dari :
1. Anak dengan berbadan kecil mampu memenangi lomba dengan kekuatan sekuatan macan  , artinya pemilihan peran sudah sangat bagus.
2.  Baju yang digunakan berwarna merah menyimpulkan biskuat energy
3.  Pemilihan macan mengungkapkan bahwa macan tidak hanya kuat, tetapi cerdik, ganas dan lincah. Macan sebagai karnivora di bekali dengan indra penciuman, pendengaran yang jauh lebih baik dari yang saya sebutkan tadi

Pada akhirnya setelah kita melihat tayangan iklan tersebut apa yang kita dapatkan? biskuat adalah biskuit energi yang akan membuat tubuh kita kuat ”sekuatmacan”, namun pada realitanya tidak. Dengan adanya iklan tersebut maka harapan produsen akan mempengaruhi perilaku konsumen yang menjadi sasaran. Telah dijelaskan arti dari setiap ikon yang ada di tayangan iklan tersebut yang akan menarik minat konsumen untuk membeli.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar